Senin, 06 Oktober 2014

Visa Korea Selesai

Haiiiii... dah lama ga update blog. Ntah kenapa males banget nge-blog..hahahah..
Nah sekarang gw mau bahas tentang visa korea.. akhirnya visa gw ke approve juga walaupun passport masih kosong..
Ternyata untuk apply visa korea ga susah (mungkin karena gw applynya pake calo ya hehe)..
Persyaratannya bisa kalian lihat sendiri di website kedubes korea. Tapi waktu apply visa, ada beberapa dokumen yang harus di urus sendiri dan ga bisa suruh calo yang urusin. Dokumen yang paling bikin gw bete itu adalah Surat Refrensi dari bank. Demi dokumen ini gw harus ngemis sana sini (alah lebay). Begini ceritanya, tabungan aktif gw itu ada di Bank B, berhubung gw orang perantauan yang bukan asli Jakarta, tabungan gw itu bikinnya di negara eh maksudnya kampung tempat gw berasal. Jadi gw dateng ke cabang bank B itu deket rumah gw, tapi ditolak gara2 itu rekening ga bisa diakses di cabang tersebut karena buka rekeningnya bukan di area Jakarta. Nah, setelah itu gw tanya temen gw yang kerja sebagai customer service di bank B tersebut. Seharusnya bisa urus surat refrensi bank di cabang lain tapi harus ada surat pernyataan dari bank tempat gw bikin tu rekening. Tapiii untuk buat surat pernyataan dari bank tersebut, gw diharuskan datang ke bank itu. Gw jadi panik disitu, masa gw harus pulang ke kampung gw buat ngurus tu surat?? (costnya mahal klo harus pulang kampung terus sayang cutinya, akhh).

Abis itu gw mikir dulu gimana caranya dapet ni surat. Gw ada rekening lain di bank D (banyak banget ya rekening gw padahal duitnya ga ada hahaha), jadi gw dateng ke bank untuk nanya persyaratan apa aja biar bisa dapet surat refrensi bank untuk apply visa korea. Pas nanya2 sama CS nya, kagetlah gw karena saldo minimal untuk dapet surat refrensi itu saldo minimal di tabungan harus 50jt!!! Mati ga lu??? Soalnya untuk bank B tidak ada syarat seperti itu, asalkan tabungan cukup buat biaya hidup selama 9 hari disana. Sehabis itu pulanglah gw dengan galau gr2 saldo ga cukup (kerja baru 2 taon dengan gaji yang cuman cukup buat makan #lebay).
Setelah itu gw nelpon ortu, mau minjem duit supaya saldo di rekening bisa 50jt. Sebenernya malu minta tolong sama ortu, masa mau jalan2 masih aja nyusahin ortu?? Tapi mau gimana lagi, saldo di tabungan ga cukup. Tapi duitnya cuman numpang doank di tabungan dan ga dipake, kalau uda dapet surat refrensi duitnya dibalikin hahahahah... Udah sesi curhatnya, back to topik, nah abis itu urus surat refrensi bank yang baru selesai 3 hari kerja.
Setelah semua dokumennya lengkap, gw apply visa lewat salah satu agen travel dan visa gw selesai dalam 10 hariiii..
Berikut penampakan dari visa gw..
My first Visaaa (norak)
Akhirnya gw bisa terbang ke koreaaaaaa.. 

PS : Bagi yang mau apply visa korea tapi passportnya masih kosong, jangan takut karena sebagian besar orang yang passportnya masih bersih visa koreanya tetap keluar kok. Hehehe..
Good luck bagi yang mau apply visa korea..
Nanti gw update lagi ya cerita pas gw sampai di Korea.. Byeee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar